add-ons pada browser web designer

Kehadiran add-ons pada browser besutan Google, Chrome, menjadi berita baik bagi siapapun, termasuk perancang web design. Fitur add-ons tadinya merupakan andalan Firefox dari Mozilla yang notabene dikenal sebagai kompetitor Chrome. Para web designer pun dapat menggunakan daftar add-ons atau ekstensi yang bisa memudahkan mereka dalam bekerja, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Hasil gambar untuk web design add ons

1. MaureIt!

Setelah menginstalasi MaureIt!, Anda akan mendapati simbol penggaris yang muncul di bagian sisi ujung kanan Chrome. Salah satu fungsi MaureIt! adalah mengukur lebar serta tinggi piksel pada komponen dari laman website, termasuk logo Google. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengeklik simbol penggaris tadi dan ukur piksel pada objek yang sedang Anda kerjakan.

2. Pendule
Dengan Pendule, Anda akan memperoleh tampilan style sheet yang berhubungan dengan laman yang dikunjungi dalam tab baru. Selain itu, kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dari ekstensi ini ialah mampu melihat detail dari desain yang ada pada laman yang Anda akses. Fitur tersebut menjadikan Pendule sebagai add-ons terbaik bagi perancang web design maupun web developer.

3. Firebug Lite
Ekstensi ini sangat bemanfaat bagi Anda yang ingin melakukan debug, editing, hingga monitoring pada CSS, JavaScript, atau HTML secara langsung dalam web. Firebug Lite pun memungkinkan Anda untuk mengetahui pemakaian kode dalam laman website. Selain untuk web designer, ekstensi ini juga dapat dipakai oleh mereka yang ingin belajar menjadi web developer.

4. Aviary Screen Capture
Sesuai dengan namanya, Anda bisa mengambil gambar (screen capture) dan menyuntingnya di browser dengan memakai aplikasi dari Aviary.com. Anda akan langsung terhunung ke situs Aviary lewat aplikasi tersebut dan melakukan penyuntingan dengan fitur-fitur yang tersedia. Aviary pun memungkinkan Anda untuk melakukan editing seperti pada program penyuntingan gambar atau web design lainnya.

5. Eye Dropper
Ekstensi ini dapat mempermudah Anda dalam mengambil warna yang terdapat pada laman sebuah web. Fitur pada Eye Dropper yang memungkinkan Anda untuk melakukannya adalah advanced color picker. Sehingga Anda yang ingin berkreasi dengan warna pada konsep rancangan web patut menginstalasi Eye Dropper pada koleksi add-ons Chrome.

6. Resolution Test
Seperti beberapa ekstensi di atas, Resolution Test dapat dipakai oleh web designer dan web developer. Add-ons ini memungkinkan Anda untuk mengetes laman sebuah situs dengan menggunakan beberapa resolusi. Lantas Anda dapat memilih resolusi sendiri dengan opsi yang sudah disediakan oleh Resolution Test untuk mempelajari materi tentang desain web.

Daftar di atas merupakan sebagian add-ons Chrome yang bisa dipakai web designer untuk mempermudah pekerjaan atau pembelajaran. Semoga informasi seputar add-ons di atas dapat membantu Anda dalam memahami web design.

Comments